slider
EVENT

PT PELNI (Persero)

  • Beranda
  • Event
  • PROTOKOL KESEHATAN NEW NORMAL LIFE BAGI MITRA PT. PELNI
22/05/2020

PROTOKOL KESEHATAN NEW NORMAL LIFE BAGI MITRA PT. PELNI

Prosedur Kesehatan Kebiasaan Baru PELNI

3.1.1.Menuju Lokasi Kerja:

  1. Pastikan diri dalam kondisi sehat dan tidak memiliki riwayat perjalanan dari negara atau zona dengan transmisi lokal virus corona dan tidak berada dalam lingkungan/ wilayah terjangkit covid-19.
  2. Gunakan Alat Pelindung Diri (masker, handsanitizer, semprotan disinfektan, dll) dan upayakan menggunakan baju lengan panjang;
  3. Upayakan untuk menghindari keramaian publik (Publik Area) dengan menjaga jarak minimal 1 meter;
  4. Dalam kendaraan transportasi :
    • Terapkan physical distancing di dalam kendaraan yang telah disediakan oleh kantor untuk Pegawai yang berdomisili di Bogor, Bekasi, Depok dan Tanggerang;
    • Upayakan mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer sebelum dan sesudah masuk ke kendaraan atau setelah menyentuh bagian mobil seperti handle pintu dan tombol-tombol dalam kendaraan;
    • Upayakan tidak menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan atau gunakan tissue bersih jika terpaksa.

3.1.2. Saat bekerja di Kantor:

Pegawai wajib mengikuti aturan WFO (Work From Office) yang telah ditetapkan:

  1. Jam Operasional Kantor Pukul 09.00-15.00 WIB;
  2. Pegawai yang berusia di bawah 45 tahun diharuskan untuk mulai melaksanan WFO (Work From Office) sedangkan pegawai yang berusia di atas 45 tahun tetap melaksanakan WFH (Work From Home);
  3. Pegawai yang melaksanakan WFO (Work From Office) akan diberikan vitamin C secara injeksi untuk meningkatkan imun dan daya tahan tubuh;
  4. Melakukan pemeriksaan suhu tubuh atau screening awal saat memasuki pintu masuk dan amati kondisi umum pekerja seperti:
    • Apabila terdapat pekerja dengan suhu di atas 38oC atau tampak sakit (demam atau pilek/batuk/nyeri tenggorokan/sesak napas) maka tidak diizinkan untuk bekerja atau memasuki area kerja;
    • Segera menghubungi petugas kesehatan Poliklinik lt. 10 atau petugas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja. Apabila ditemukan peningkatan jumlah pekerja dengan kondisi di atas segera melaporkan ke Puskesmas/Dinas Kesehatan setempat.
  5. Menghindari keramaian (Public Area);
  6. Menyediakan sarana cuci tangan menggunakan air dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol diberbagai lokasi strategis di tempat kerja sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan seperti pintu masuk, ruangan kerja, mesin absensi, area sekitar lift dan tempat lain yang sering diakses oleh pekerja;
  7. Memastikan seluruh area kerja bersih dan higienis dengan melakukan pembersihan secara berkala menggunakan desinfektan (seperti pegangan pintu, pegangan tangga, tombol lift, mesin absensi, ruang meeting dan lain-lain);
  8. Optimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari masuk ruangan kerja;
  9. Menyediakan tisu dan masker bagi pekerja yang mengalami batuk/pilek/nyeri tenggorokkan/sesak napas, serta segera menghubungi petugas kesehatan dan menyarankan agar dapat beristirahat di rumah. Kemudian segera bersihkan area kerja yang sudah terkontaminasi dengan desinfektan;
  10. Menginformasikan dan mengedukasi kepada seluruh pekerja untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai berikut:
    • Bersihkan meja kerja dan peralatannya sebelum dan sesudah bekerja menggunakan cairan desinfektan;
    • Tidak berbagi meja kerja sesama rekan kerja;
    • Lakukan cuci tangan menggunakan air dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol secara berkala;
    • Hindari menyentuh area wajah;
    • Menghindari kontak fisik langsung seperti bersalaman, berpelukan, dan sebagainya;
    • Menerapkan physical distancing dengan rekan kerja minimal 1 (satu) meter;
    • Disarankan untuk selalu menggunakan masker pelindung selama kegiatan dan buang masker setelah dalam kondisi kotor, jangan memakainya selama lebih dari sehari;
    • Melakukan pembatasan jumlah pekerja saat menggunakan fasilitas umum, seperti lift, tempat ibadah dan toilet dengan pemasangan garis pembatas di area tersebut;
    • Saat berada di ruang rapat peserta rapat wajib menggunakan Faceshield
    • Pelaksanaan meeting dilakukan melalui Video Conference.

3.1.3. Saat Istirahat:

  1. Hindari keramaian dan dilarang berkelompok pada saat jam istirahat;
  2. Membawa makan siang dari rumah untuk menghindari kontak fisik saat jam istirahat makan siang;
  3. Gunakan peralatan makan & minum pribadi;
  4. Menghindari order online guna menjaga physical distancing.
  5. Untuk Penggunaan mushollah Pegawai dihimbau untuk membawa sajadah, mukena dan alat sholat masing-masing;

3.1.4. Saat Pulang Kerja:

  1. Gunakan Alat Pelindung Diri (masker, handsanitizer, dll);
  2. Dalam kendaraan transportasi :
    • Terapkan physical distancing di dalam kendaraan pribadi/ kendaraan yang telah disediakan perusahaan saat menuju rumah;
    • Upayakan mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer sebelum dan sesudah masuk ke kendaraan atau setelah menyentuh bagian mobil seperti handle pintu dan tombol-tombol dalam kendaraan;
    • Upayakan tidak menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan atau gunakan tissue bersih jika terpaksa.
  3. Tidak mengunjungi tempat keramaian;
  4. Saat pulang kerja di rumah, jangan langsung bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri (mandi dan mengganti pakaian kerja).

Pegawai Mitra Kerja yang melakukan aktivitas Work From Office (WFO) harus berdasarkan kriteria yang ditentukan.

Kantor Pusat, Cabang & SBU

WFO

WFH

  1. Sehat (kondisi fit)
  2. Usia dibawah 45 tahun
  1. Pegawai Mitra Kerja yang melaksanakan WFH diatur oleh perusahaan penyedia
  2. Pegawai dengan riwayat penyakit berat pada saluran pernafasan dan penyakit komorbid lainnya.
  3. Sedang hamil
  4. Sedang menyusui sd anak usia 6 bulanPegawai dengan status ODP, OTG, PDP dan positif covid19

Pemberlakuan jam kerja selama Work From Office (WFO).

Tahap 1

(Juni 2020 s/d Juli 2020)

Tahap 2

(Agustus 2020)

Kantor Pusat

Kantor Cabang & SBU

Kantor Pusat

Kantor Cabang & SBU

WFO : (09.00~15.00)

WFO :

1 kali (05.01~23.59)

 

WFO : (08.00~15.00)

 

WFO :

1 kali (05.01~23.59)

WFH :

Pagi (06.00~10.00) Sore (16.00~19.00)

WFH :

1 kali (05.01~23.59)

 

WFH :

 Pagi (06.00~10.00)

 Sore (16.00~19.00)

WFH :

1 kali (05.01~23.59)

    1.  

Untuk mitra (petugas toko Pelni Mart) yang beraktivitas di atas kapal wajib menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sarung tangan, baju hazmat dan faceshield;

Untuk mitra yang berada di seluruh asset cabang PT PELNI (Persero) wajib menggunakan masker dan faceshield selama beraktivitas di lingkungan asset;

Berita Lainnya

02/04/2019

PELNI Meraih Penghargaan

Bisnis Indonesia CFO BUMN Award 2019

16/08/2019

PELNI Ajak Peserta SMN 2019 Cintai Maluku

Program Siswa Mengenal Nusantara Tahun 2019

22/08/2019

PELNI Raih Top GRC 2019

Pengakuan Atas Tata Kelola Perusahaan

17/08/2019

Perayaan Kemerdekaan di Pulau Buru

Sinergi PT PELNI dan PT Pegadaian

23/07/2019

PELNI Luncurkan Kapal Pinisi

Layani Wisata Keliling Kepulauan Komodo

13/06/2019

Peserta Arus Balik Angkutan Gratis Sepeda Motor Tiba di Priok

Disambut oleh Dirlala Kemenhub RI

23/03/2020

Lawan COVID-19, PELNI Berikan Masker dan Antiseptik di Jakarta Utara

Bantuan Masker dan Handsanitizer Cegah COVID-19

22/05/2020

PROTOKOL KESEHATAN NEW NORMAL LIFE BAGI PELANGGAN PT. PELNI (PERSERO)

Prosedur Kesehatan Kebiasaan Baru untuk Pelanggan PT. PELNI

22/05/2020

PROTOKOL KESEHATAN NEW NORMAL LIFE BAGI PEMASOK PT. PELNI (PERSERO)

Prosedur Kesehatan Kebiasaan Baru untuk Pemasok PT. PELNI

12/05/2020

Protokol Penanganan Penumpang Kapal PT. PELNI (PERSERO) Selama Masa Pandemi COVID19

Tata Kelola Pelayanan Calon Penumpang

22/05/2020

PROTOKOL KESEHATAN NEW NORMAL LIFE BAGI PEMANGKU KEPENTINGAN (STAKEHOLDER) PT. PELNI (PERS

Prosedeur Kesehatan Kebiasaan Baru Bagi Pemangku Kepentingan PT. PELNI