- Beranda
- Faq
FAQ Jasa Logistik
- Bagaimana cara pengiriman muatan melalui Kapal PELNI?
Silahkan mengakses Mycargoo https://mycargoo.pelni.co.id dan melakukan registrasi terlebih dahulu menggunakan email dan nomor handphone yang aktif.
- Bagaimana cara mengisi data muatan yang akan dikirim?
Silahkan mengikuti panduan pada link berikut : http://bit.ly/panduancemc atau menyaksikan video tutorial pada link berikut : http://bit.ly/panduanbookingmc
- Muatan apa saja yang dapat dikirim melalui Kapal PELNI?
Seluruh muatan yang bukan termasuk dalam kategori barang berbahaya.
- Apakah Dry Container itu?
Kontainer jenis ini digunakan untuk mengangkut bermacam-macam muatan yang tidak terlalu memerlukan perhatian secara khusus mengenai suhu.
- Apakah Reefer Container itu?
Kontainer yang dilengkapi dengan sistem refrijerasi (refrigerated container) untuk mengawetkan atau menjaga temperatur atau suhu komoditi yang ada di dalamnya.
- Apakah General Cargo itu?
Muatan yang terdiri dari berbagai jenis barang yang dikemas dan dikapalkan secara potongan. Pengapalan muatan ini pada umumnya terdiri dari unit-unit kecil misalnya 25 peti, 30 drum, 60 pallet, 300 karung, 50 karton, dan lain sebagainya.
- Apakah jenis muatan Redpack itu?
Muatan yang terdiri dari berbagai jenis barang dan bukan barang berbahaya (dangerous goods) yang dikemas dalam standar kantong berlabel Redpack dengan volume maksimal 0,25m3 atau 100 cm x 50 cm x 50 cm dengan maksimal berat sebesar 50 Kg dan kelipatannya.
- Bagaimana cara pembayaran pada aplikasi Mycargoo?
Pembayaran dilakukan secara non tunai melalui virtual account BNI. Tata cara pembayaran silahkan buka link berikut http://bit.ly/bayarvabni
FAQ Ticketing
- Bagaimana cara memesan tiket PELNI?
Tiket PELNI dapat dipesan secara online di www.pelni.co.id, aplikasi PELNI Mobile (Android & iOS), contact center PELNI di 021-162 / 0811-162-1-162, Alfamart dan Indomaret terdekta dan travel agent (daftar travel agent dapat dicek melalui https://bit.ly/DaftarAgenPenjualanPELNI).
- Bagaimana cara membayar tiket PELNI setelah memesan?
Pembayaran dapat dilakukan di Alfamart, Indomaret, agen PPOB FastPay, VA Bank (Mandiri, BNI, BRI, BTN) dan FinPay
- Bagaimana mendapatkan informasi kisaran harga tiket PELNI?
Melalui www.pelni.co.id, aplikasi PELNI Mobile (Android & iOs), contact center PELNI melalui telepon 021-162 / WA : 0811-162-1-162, Alfamart dan Indomaret terdekat dan travel agent (daftar travel agent dapat dicek melalui https://bit.ly/DaftarAgenPenjualanPELNI).
- Ada berapa kategori Tarif Penumpang Kapal Penumpang PELNI?
Kategori Tarif Penumpang Kapal PELNI ada 2, yaitu :
Kategori bayi (untuk usia 0 s.d 23 bulan/ dibawah 2 tahun) dikenakan 10% dari tarif dewasa.
Kategori penumpang dewasa (usia 24 bulan / 2 tahun keatas) dikenakan tarif 100%.
- Ada berapa tipe kamar kelas dan maksimal jumlah penumpang di Kapal Penumpang PELNI?
Tipe kamar kelas dan jumlah Penumpangnya adalah sebagai berikut :
Kelas 1A = 2 Penumpang dewasa
Kelas 1B = 4 Penumpang dewasa
Kelas 2A = 6 Penumpang dewasa
Kelas 2B = 8 Penumpang dewasa
1 Penumpang dewasa maksimal membawa 2 bayi.
- Apa saja fasilitas yang didapatkan oleh Penumpang selama berlayar?
Penumpang akan mendapatkan fasilitas sesuai dengan tiket yang dibeli (Kabin Ekonomi atau Kamar Kelas) serta mendapatkan Makan 3 x sehari selama dalam Pelayaran.
- Berapa lama sebelum keberangkatan, saya bisa memesan dan membeli tiket PELNI melalui www.pelni.co.id?
Tiket harus dipesan dan dibeli maksimal 1 hari sebelum jadwal keberangkatan
- Berapa banyak jumlah penumpang yang dapat saya pesan dalam satu reservasi?
Maksimal 10 penumpang dapat dipesan dalam satu kali reservasi.
- Apakah E-Tiket berlaku sebagai Tiket?
Tidak. E-Tiket wajib ditukarkan menjadi Tiket asli kapal laut dan/atau Boarding Pass di cabang/Pelabuhan keberangkatan mulai dari 24 jam sebelum keberangkatan Kapal.
- Dokumen apa saja yang perlu dibawa pada saat akan melakukan check-in?
Kartu Identitas berupa KTP/Kartu Keluarga untuk WNI atau Paspor untuk WNA beserta e-tiket untuk ditukarkan menjadi Tiket dan/atau Boarding Pass.
- Bagaimana cara melakukan pembatalan tiket? Dan berapa biayanya?
Untuk saat ini, pembatalan tiket baru dapat dilayani melalui loket PELNI Cabang dengan biaya pembatalan dikenakan sebesar 50% dari Tarif Dasar.
- Apakah Penumpang dapat melakukan perubahan jadwal atau rute kapal dan berapa biayanya?
Penumpang dapat melakukan perubahan jadwal atau rute kapal melalui Loket Cabang PELNI terdekat dengan membawa e-tiket dan kartu identitas asli (KTP/Paspor). Perubahan jadwal atau rute kapal dapat dilakukan selambat-lambatnya 5 (lima) jam sebelum keberangkatan kapal, dengan ketentuan penumpang belum mencetak boarding pass ataupun boarding di Pelabuhan. Penumpang dikenakan biaya administrasi sebesar 10% (sepuluh persen) dari tarif dasar tiket sebelumnya ditambah tarif tiket baru, jika tarif tiket yang sebelumnya lebih tinggi dari tarif tiket baru maka tidak ada pengembalian biaya selisih tiket;
- Apakah Penumpang dapat melakukan perpindahan kelas dan berapa biayanya?
Penumpang dapat melakukan perpindahan kelas dari Ekonomi ke Kelas 1 atau Kelas 2 (Suplisi / upgrade kelas) dan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp10.000,- (sepuluh ribu rupiah).
- Berapa besaran bagasi bebas (free baggage) yang dapat dibawa oleh Penumpang di atas Kapal?
Setiap penumpang dapat membawa barang bagasi bebas (free baggage) maksimal 40 (empat puluh) kg dengan dimensi maksimal 70x40x35 cm.
- Jika barang bawaan melebihi kapasitas apakah akan dikenakan biaya tambahan dan berapa besar biaya tersebut?
Ya, barang bawaan yang melebihi kapasitas akan dikenakan tarif over bagasi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
- Barang apa saja yang tidak diperbolehkan dibawa selama berlayar?
Penumpang dilarang untuk membawa binatang; tanaman yang dilarang oleh karantina pelabuhan; narkotika, psikotropika dan zat aditif lainnya; senjata api dan senjata tajam; semua barang-barang yang mudah terbakar/meledak; semua barang-barang berbau busuk, amis atau karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan dan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya; barang yang menurut pertimbangan petugas boarding atau pemeriksa bagasi karena keadaan dan ukuran berat/volume melebihi batas ketentuan bagasi; barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan.
- Bagaimana jika barang bawaan tertinggal di kapal?
Penumpang dapat menghubungi contact center PT PELNI (Persero) melalui telepon 021-162 / WA : 0811-162-1-162 untuk menginformasikan terkait barang tersebut, namun PT PELNI (Persero) tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang apapun.
- Bagaimana jika Penumpang mengalami kendala atau memiliki keluhan terkait data pribadi dan layanan pemesanan tiket ?
Terkait data pribadi dan layanan pemesanan tiket Penumpang dapat menghubungi contact center PT PELNI (Persero) melalui telepon 021-162 / WA : 0811-162-1-162.
- Apakah data pribadi milik Penumpang tersimpan aman ?
Data pribadi milik Penumpang dijamin keamanannya dan PT PELNI (Persero) berkomitmen untuk melaksanakan ketentuan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP).
FAQ Produk Komersial
- Apa itu SEAWIFI?
SEAWIFI merupakan layanan akses internet berbayar di Kapal PELNI untuk penumpang dengan berbagai pilihan paket internet.
- Bagaimana cara mengakses SEAWIFI?
Kamu bisa aktifkan wifi di gadget dan pilih jaringan ‘SEAWIFI’, selanjutnya masukan nomor whatsapp yang terdaftar pada gadget lalu bayar paket internet yang kamu pilih melalui online payment atau Toko Kapal terdekat.
- Berapa harga paket internet SEAWIFI?
Paket 4 jam, kecepatan 8 Mbps = Rp 30.000,-
Paket 6 jam, kecepatan 10 Mbps = Rp 40.000,-
Paket 12 jam, kecepatan 6 Mbps = Rp 50.000,-
Apabila melakukan pembelian di Toko Kapal akan ada penambahan biaya admin sebesar Rp 5.000,-
- Berapa lama masa paket internet SEAWIFI?
Durasi paket internet SEAWIFI bergantung pada paket yang kamu pilih. Paket internet SEAWIFI akan terus berjalan setelah diaktifkan sesuai dengan durasi tertera, kamu tidak dapat menonaktifkan sementara paket internet yang sedang aktif.
- Apakah paket internet SEAWIFI yang saya beli bisa digunakan pada perangkat lainnya?
Kamu tidak dapat menggunakan akses internet SEAWIFI selain pada perangkat dengan nomor yang kamu daftarkan sebelumnya.
- Apakah paket internet SEAWIFI bisa digunakan di seluruh lokasi Kapal PELNI?
Kamu bisa memaksimalkan penggunaan akses internet SEAWIFI pada area strategis diantaranya Cafetaria, Area Outdoor, Salon makan, Area Hall Informasi dan area seat ekonomi penumpang.
- Bagaimana jika koneksi internet SEAWIFI saya terputus?
Berikut beberapa tips agar koneksi internet SEAWIFI kamu tidak terputus:
Pastikan kamu masih memiliki durasi paket internet SEAWIFI. Silakan cek berkala durasi paket internet SEAWIFI melalui landing page SEAWIFI atau customer care SEAWIFI di Whatsapp;
Restart jaringan wifi di gadget mu dan pilih kembali jaringan ‘SEAWIFI’, kemudian log-in ulang dengan memasukan nomor whatsapp yang sudah terdaftar paket internet;
Atau kamu dapat berkonsultasi dengan customer care SEAWIFI atau dapat mendatangi Toko Kapal terdekat.
- Apakah saya bisa mendapatkan pengembalian uang (refund) jika paket internet SEAWIFI sudah dibeli?
Paket internet yang sudah dibeli tidak dapat dilakukan proses pengembalian dana (refund) namun jika paket internet mu tidak terkoneksi maka durasi penggunaan internet akan secara sistem berhenti sehingga paket internet masih bisa digunakan sampai durasi aktif penggunaan aktif internet habis.