Jakarta, 19 April 2020 - Di tengah situasi pandemic Covid-19 di Indonesia, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - PELNI berkomitmen untuk tetap memaksimalkan pelayanan, kapal-kapal penumpang dioptimalkan untuk angkutan logistik ke seluruh wilayah Indonesia, terutama untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat menjelang Bulan Suci Ramadhan 1441 H dan Lebaran Tahun 2020.
Terkait dengan penutupan sejumlah pelabuhan di Indonesia, Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero), Yahya Kuncoro menjelaskan bahwa beberapa daerah menutup pelabuhan untuk kegiatan naik turun penumpang, namun masih memperbolehkan kapal-kapal PELNI untuk mengangkut barang dan diizinkan melakukan kegiatan bongkar muat logistik.
"Sekitar 50 persen kapal penumpang PT PELNI (Perseo) memiliki ruang untuk mengangkut muatan container baik itu dry ataupun reefer container, angkutan general cargo dan beberapa kapal bisa mengangkut kendaraan. Potensi ini kami maksimalkan pengangkutan logistik sehingga kebutuhan barang di daerah, khususnya Indonesia Timur dapat terpenuhi," terangnya.
Sebagai BUMN transportasi laut yang menjadi tulang punggung ketersediaan logistik nasional, PELNI tetap berkomitmen mengoperasikan kapal-kapalnya untuk membantu pemerintah daerah dan masayarakat dalam distribusi logistik nasional. PELNI siap mengoperasikan kapal-kapalnya secara bergantian ke beberapa daerah yang tetap membuka pelabuhanya, terutama untuk angkutan barang dan sebagain kecil angkutan orang bagi daerah yang mengijinkan penumpang turun.
Selain itu, pada sisi transportasi penumpang, sebagai upaya dalam mengurangi penyebaran Covid-19, sejak 4 April 2020 Manajemen PELNI telah mengambil keputusan untuk menjual tiket maksimal 50% dari kapasitas seat terpasang pada masing-masing kapal. Keputusan tersebut diambil sebagai tindaklanjut atas surat yang dikeluarkan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut perihal Optimalisasi Operasi Kapal PSO Penumpang dan Perintis di Masa Karantina Wilayah Akibat Covid-19. Hal tersebut dilakukan agar physical distancing bagi penumpang.
Lebih lanjut Yahya menjelaskan bahwa Manajemen akan memberikan batasan ruang gerak bagi para penumpang. "Demi keamanan dan kenyamanan bersama serta guna meminimalisir interaksi antara petugas dengan penumpang, maka Manajemen akan menerapkan kebijakan bagi penumpang untuk diberikan akses pada deck tertentu saja," tambahnya.
Selain itu, sebagai salah satu upaya dalam meminimalisir penyebaran Covid-19, Manajemen juga mewajibkan seluruh calon penumpang yang akan berpergian dengan Kapal PELNI untuk dapat menyertakan surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fankes) setempat.
Sejalan dengan kebijakan pemerintah, mulai 12 April 2020 PELNI mewajibkan seluruh penumpangnya untuk menggunakan masker selama berada diatas kapal. PELNI secara konsisten menjalankan pengukuran suhu tubuh bagi seluruh penumpang sebelum naik ke atas kapal. Perusahaan juga melakukan penyemprotan disinfektan pada seluruh kapalnya secara berkala, serta menerapkan physical distancing bagi para penumpang dengan mengatur jarak antar penumpang sejauh 1 - 2 meter baik itu pada nomor bed maupun saat mengantri makan.
Begitu pula dengan hand sanitizer yang telah disediakan pada setiap dek penumpang, sabun cuci tangan di setiap toilet, pemberian masker bagi penumpang yang sakit di tengah perjalanan, serta memberikan himbauan mengenai kesehatan melalui pengeras suara setiap tiga jam.
Manajemen PELNI juga terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan selaku regulator terkait trayek dan kapal yang akan digunakan, karena beberapa kapalnya saat ini sedang menjalani portstay. "Selaku operator, kami tentu mematuhi peraturan dan protokol yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan terkait transportasi logistik di masa Covid-19 ini. Kami juga telah menginstruksikan kepada seluruh cabang dan petugas kapal untuk dapat standby bila sewaktu-waktu kapal dioperasikan," tambahnya.
Kapal PELNI yang akan dioperasikan diantaranya KM. Gunung Dempo yang baru selesai docking di Semarang akan dikirim ke Tanjung Priok, Jakarta. Kapal yang mampu mengangkut 99 kontainer ini akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok pada 24 April 2020 menuju Surabaya - Makassar - Ambon - Sorong - Jayapura - Sorong - Makassar - Surabaya dan kembali ke Tanjung Priok KM. Gunung Dempo akan Omisi Manokwari, Nabire, Wasior dan akan Deviasi di Ambon.
Selanjutnya KM. Sinabung akan berangkat dari Tanjung Priok menuju Belawan. Kapal ini akan mengganti rute KM. Kelud dari Tanjung Priok - Kijang - Batam – Belawan PP.
KM. Ciremai, kapal multifungsi untuk mengangkut kendaraan, kontainer dan orang ini akan berangkat dari Tanjung Priok pada 28 April 2020 menuju Surabaya - Makassar - Baubau - Sorong - Biak - Jayapura - Biak - Sorong - Namlea - Baubau - Makassar - Surabaya - Tanjung Priok. “Kapal akan Omisi Manokwari dan deviasi ke Namlea,” tambah Yahya Kuncoro.
KM. Nggapulu akan berangkat pada 1 Mei 2020 dengan rute Tanjung Priok - Surabaya - Makassar - Baubau - Ambon – Banda Neira - Tual - Dobo – Fakfak PP dan omisi Kaimana.
KM. Dobonsolo akan berangkat dari Tanjung Priok pada 4 Mei 2020 menuju - Surabaya - Makassar - Baubau - Ambon - Sorong - Serui - Jayapura - Sorong - Ambon - Baubau - Makassar - Surabaya – Tanjung Priok dan omisi Serui.
KM. Labobar mulai 27 April 2020 dengan trayek Surabaya - Makassar – Parepare - Balikpapan - Tarakan-Nunukan - Pantoloan - Balikpapan - Parepare - Makassar – Surabaya. “KM. Labobar dilakukan rekayasa trayek untuk mengangkut General Cargo agar kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi,” lanjut Yahya Kuncoro.
KM. Dorolonda akan berangkat dari Tanjung Priok masuk jadwal reguler tanggal 8 Mei 2020.
Sedangkan KM. Kelud akan tetap port stay di Belawan dari tanggal 13- 30 April 2020. “Kapal-kapal tersebut dapat mengangkut kontainer dan angkutan kargo. PELNI bersama Kemenhub merancang operasional kapal-kapalnya untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” tambah Yahya.
Untuk kapal-kapal penumpang Non-kontainer diantaranya KM. Lambelu, port stay di Makassar dari 09 - 27 April 2020.
KM. Tidar port stay di Makassar hingga 30 April 2020. KM. Bukit Siguntang port stay di Makassar hingga 2 Mei 2020. KM. Umsini port stay di Makassar 17 April sd 1 Mei 2020. KM. Wilis port stay di Makassar 12-30 April 2020. KM. Sirimau port stay setelah dock di Makassar 17-30 April 2020. KM. Binaiya Port stay di Makassar sd 17-30 April 2020. KM. Tilongkabila port stay di Makassar 20-30 April 2020.
KM. Bukit Raya akan rapid test rencana di Kijang 20 April 2020, dan masih menunggu info lebih lanjut. Setiba di Tanjung Priok, kapal akan port stay dari 22 April-7 Mei 2020.
Kapal-kapal lain yang sementara masih port stay diantaranya KM. Lawit di Tanjung Priok 10-30 April 2020. KM. Awu port stay di Surabaya 31 Maret-26 April 2020. KM. Leuser port stay di Surabaya 19-30 April 2020. KM. Kelimutu port stay di Semarang 19-30 April 2020. KM. Tatamailau port stay di Bitung 31 Maret-30 April 2020. KM. Sangiang port stay di Bitung 14-30 April 2020 dan KM. Pangrango port stay di Ambon 16-30 April 2020.
Sedangkan untuk Kapal Ro-Ro, yaitu KM. Egon port stay di Surabaya 5-15 April 2020. KM. Egon telah beroperasi mulai 15 - 22 April 2020 dengan rute Surabaya - Lembar - Waingapu PP. Selanjutnya setiba di Surabaya akan port stay pada 22-29 April 2020. Terakhir untuk KFC. Jetliner port stay di Bau-Bau 11-30 April 2020.
PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas. Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah T3P dimana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas.
*
Bila perlu konfirmasi hubungi :
Yahya Kuncoro
Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero)
Hp : 0811 988 0162
Email : corporate.secretary@pelni.co.id
10/05/2020
PT PELNI (Persero) kembali mengumumkan bahwa KM Lambelu dinyatakan bebas Covid 19. Hal ini ditandai dengan penurunan bendera kuning di kapal pada Minggu (10/5).
23/04/2020
Sebanyak 25 orang kru yang terdiri dari 21 orang anak buah kapal (ABK) serta 4 orang mitra yang bertugas pada KM Lambelu kini menunjukan perkembangan kesehatan yang baik.
20/04/2020
Manajemen akan terus memantau perkembangan kesehatan kru KM Bukit Raya
10/04/2019
PELNI Berbagi Pangan Murah Kepada Penumpang Kapal di Semarang
15/02/2021
PELNI selalu siap menjadi bagian dari aksi peduli yang dipimpin melalui Yayasan BUMN Untuk Indonesia
22/05/2020
Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama PT PELNI (Persero), Insan Purwarisya L Tobing kepada perwakilan warga penerima manfaat dan disaksikan oleh Lurah Petojo Utara, Indarto di Kantor Pusat PT PELNI (Persero)
07/02/2019
PELNI Resmikan Rumah Kelola Sampah di Batu Licin, Kalimantan Selatan
25/01/2019
PLN-PELNI Tandatangani MoU Pengangkutan Logistik
04/09/2019
Dalam rangka menyongsong ulang tahun yang ke-21, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan HUT ke-67 PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - PELNI, Kementerian BUMN kembali melakukan kegiatan bersama masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
11/04/2020
Kebijakan tersebut telah disosialisasikan sejak Jumat (9/4) dan efektif mulai 12 April 2020.
03/01/2020
PT PELNI (Persero) turut mengambil bagian dalam Posko Bersama BUMN guna membantu penanganan banjir di wilayah Jabodetabek.
04/11/2020
PELNI telah mendistribusikan muatan tol laut sebanyak 22.497 TEUs
31/12/2020
Muatan Tol Laut mengalami kenaikan sebesar 13 persen sejak periode Nataru dimulai dibanding tahun 2019 pada periode yang sama
04/02/2020
Komitmen PT PELNI (Persero) dalam mengembangkan SDM yang kuat
17/01/2020
PT PELNI (Persero) siap untuk mengoperasikan KM Logistik Nusantara (Lognus) 6 yang akan dipergunakan khusus untuk membawa muatan pada program tol laut.
19/03/2020
Manajemen mengucapkan terima kasih kepada Danang Parikesit dan Lotto Srinaita Ginting atas sumbangsihnya kepada Perusahaan
03/07/2020
PELNI mencatatkan adanya kenaikan pada volume muatan kontainer yang diangkut dengan kapal barang sepanjang Semester 1 tahun 2020 hingga hampir 300 persen dibandingkan periode yang sama dari tahun sebelumnya.
20/04/2020
Berdasarkan hasil test, terdapat 16 orang kru kapal yang menunjukan hasil reaktif. Kini 16 orang tersebut telah dibawa menuju RS PELNI untuk melaksanakan pemeriksaan lanjutan.
02/08/2020
PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) terus memaksimalkan operasional kapal penumpang dan kapal perintis, terutama pada periode Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 yang jatuh pada Jumat (31/7).
18/12/2020
Dengan trayek kapal yang memasuki kota besar maupun wilayah 3TP (tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan), kapal-kapal PELNI sangat dimungkinkan untuk mengambil peran mendistribusikan vaksin COVID-19.
04/05/2020
Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa terdapat 3 orang penumpang asal Jakarta terindikasi Covid-19 serta 19 orang kru kapal terindikasi terpapar Covid-19 tanpa gejala (OTG).
12/08/2020
PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) berencana menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM untuk membantu memperluas distribusi produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
17/08/2020
PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) terus agresif dalam memperkuat bisnis logistiknya melalui aplikasi My Cargoo.
12/09/2020
PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) kembali menyalurkan sejumlah bantuan CSR bagi tenaga medis di RS PELNI
22/02/2021
PT PELNI menjunjung tinggi integritas dan transparan dalam melakukan rekrutmen calon pegawai
05/04/2020
Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Eddy Susanto Soepadmo dan diterima oleh Plt Direktur Utama PT Rumah Sakit PELNI, R.M. Kartobi.
04/04/2020
PELNI Grup menyediakan sarana armada bus sebagai transportasi antar jemput bagi tenaga medis yang bekerja di Rumah Sakit PELNI, Jakarta.
03/05/2020
Setelah menunjukkan hasil yang negatif selama dua kali pemeriksaan swab berturut-turut.
18/05/2020
PT PELNI (Persero) saat ini tengah mempersiapkan diri untuk penerapan "New Normal Life"
17/01/2021
PT PELNI senantiasa berkomitmen untuk melayani masyarakat khususnya wilayah 3TP
18/12/2020
Menyambut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, PT PELNI (Persero) siap mengoperasikan penuh seluruh kapal penumpang yang dimiliki dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama pelayaran
16/07/2020
Atas keberhasilan menjalankan penugasan Angkutan Kapal Tol Laut dan Ternak, PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) meraih apresiasi dari Kementerian Perhubungan
13/07/2020
Terhitung hingga pertengahan Juli ini, muatan hewan ternak sapi pada kapal yang dioperasikan oleh PELNI mencapai 2.968 ekor.
28/08/2020
PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) menerima kunjungan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang ingin melihat pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19 di lingkungan Perusahaan.
27/12/2020
Penerapan protokol kesehatan yang ketat terutama penggunaan hasil Tes Rapid Antibodi menjadi poin penting bagi penumpang kapal PELNI
26/01/2021
KM Egon milik PT PELNI mengakut 691 koli barang bantuan kemanusiaan bagi korban bencana di Kalsel dan Sulbar
26/10/2020
Sebanyak 26 kapal penumpang dipastikan siap untuk melayani masyarakat Indonesia yang hendak bepergian menggunakan angkutan laut pada cuti bersama dan libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW
15/11/2020
Perusahaan memproyeksikan pada triwulan IV-2020, kapal dapat mengangkut hingga 343.472 pelanggan
27/12/2020
Peraturan untuk menggunakan hasil tes rapid antibodi bagi calon penumpang masih menjadi patokan utama protokol kesehatan di kapal PELNI
23/02/2021
Pembayaran secara cashless diterapkan guna memberikan kenyamanan, keamanan dan kemudahan bagi para pelanggan
01/05/2020
PT PELNI (Persero) terus memaksimalkan pelaksanaan operasional kapal tol laut guna menjamin distribusi dan ketersediaan barang kebutuhan pokok maupun barang penting lainnya di Indonesia.
28/04/2020
Peringatan HUT ke 68, PELNI mengusung tema 'Membangun Konektivitas'.
17/11/2020
PT PELNI (Persero) siap menyambut momen peak season Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru) dengan kembali membuka chanel penjualan tiket kapal PELNI melalui mobile application dan website pada 25 November 2020
23/07/2020
Direktur Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) meraih penghargaan dari Iconomics sebagai Best CEO 2020 In Shipping Category
29/04/2020
PT PELNI (Persero) mendapatkan penugasan dari Kementerian Perhubungan untuk melanjutkan pengelolaan KM Camar Nusantara I sebagai salah satu kapal khusus ternak yang dioperasikan Perusahaan.
27/12/2020
Mengantisipasi besarnya jumlah penumpang pada Nataru, PT PELNI menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah terutama bersangkutan dengan protokol kesehatan
21/04/2020
PT PELNI (Persero) telah mewajibkan seluruh calon penumpang yang akan berpergian dengan kapal PELNI untuk menyertakan surat keterangan sehat bebas Covid-19 yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit
08/07/2020
PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - PELNI siap mendukung Pemerintah dalam memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.
29/07/2020
PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) meraih dua penghargaan dalam kategori “Top CSR Awards 2020 # Star 4” dan “Top Leader on CSR Commitment 2020”
21/10/2020
Terhitung Triwulan IV-2020 ini, KM Logistik Nusantara 6 milik PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) akan melayani Pulau Morotai sebagai rute tambahan dari rute awal.
26/02/2021
PT PELNI mendukung penuh kebijakan penerapan GeNose C19 di kapal PELNI
23/04/2020
Pelarangan telah ditetapkan mulai 24 April 2020 hingga 8 Juni 2020.
02/11/2020
PT PELNI (Persero) telah melayani sebanyak 19.224 penumpang yang berpergian pada periode cuti bersama dan libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW
07/07/2020
PELNI menyambut baik adanya pembukaan akses pelabuhan dibeberapa wilayah di Indonesia.
13/05/2020
PT PELNI (Persero) siap untuk membuka kembali kegiatan operasional untuk mengangkut penumpang
16/09/2020
Penumpang kapal penumpang PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) pada pertengahan triwulan ketiga 2020 tercatat mengalami peningkatan 314% dibandingkan triwulan sebelumnya
27/12/2020
Adanya peningkatan penumpang saat Nataru menjadi perhatian PT PELNI (Persero) untuk menghadirkan layanan yang baik dan tentunya sesuai protokol kesehatan