Tata Kelola PT PELNI (Persero)

PT PELNI (Persero) merupakan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang berkewajiban menerapkan Tata Kelola Perusahaan yang Baik sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor :PER-01/MBU/2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor: PER-09/MBU/2012 PT PELNI (Persero) tentang perubahan Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor: PER-01/MBU/2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara.

PT PELNI (Persero) menerapkan prinsip – prinsip Good Corporate Governance (GCG) dengan membentuk fungsi Kepatuhan di bawah Divisi Manajemen Risiko & Kepatuhan dengan memberlakukan pedoman Soft Structure Good Corporate Governance (GCG) yang terdiri dari Pedoman Tata Laksana Kerja (Board Manual) Direksi dan Dewan Komisaris, Pedoman Tata Kelola Perusahaan, Pedoman Etika Perusahaan (Code of Conduct), Pedoman Gratifikasi, Pedoman Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG), dan Pedoman Whistle Blowing System (WBS).