Press Release No. 12.30/151/XII/2020
Jakarta, 30 Desember 2020 – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) optimis angkutan Tol Laut tetap menunjukan kinerja positif selama periode Angkutan Natal dan Tahun Baru 2021. Tercatat muatan Tol Laut mengalami kenaikan sebesar 13 persen sejak periode Nataru dimulai dibanding tahun 2019 pada periode yang sama.
Perusahaan merinci, sejak Angkutan Nataru dimulai pada 11 Desember 2020, PELNI mengangkut 632 TEUs, naik 13 persen dari 562 TEUs pada periode yang sama di 2019. Sepanjang 2020 ini sendiri, PT PELNI telah mengangkut 8722 TEUs berbagai trayek Tol Laut, termasuk ke wilayah-wilayah tertinggal, terpencil, terdepan dan perbatasan atau 3TP.
Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT PELNI Masrul Khalimi menyampaikan bahwa pada momen Nataru 2020/2021 ini muatan naik karena banyaknya permintaan bahan-bahan sembako pada wilayah 3TP untuk menyambut Nataru 2020/2021. “Muatan yang diangkut kebanyakan ini sembako, seperti beras, minyak goreng, gula dan tepung terigu. Selain itu ada juga produk industrti seperti air mineral, minuman, makanan ringan hingga mie instan,” ungkap Masrul.
Tercatat oleh Perusahaan, hingga 30 Desember 2020, muatan Tol Laut naik sebesar 143% menjadi 5.129 TEUs dari 3.593 TEUs di tahun 2019 untuk periode yang sama. “Kepercayaan masyarakat terus tumbuh dari tahun ke tahun untuk memanfaatkan kapal Tol Laut. Dari 8.722 TEUs di tahun ini, 5.666 TEUs diantaranya merupakan muatan berangkat dan 3.056 TEUs adalah muatan balik,” jelas Masrul.
Pada momen Nataru tahun ini, muatan berangkat tertinggi sebanyak 181 TEUs pada T-10 yakni KM Logistik Nusantara 6 dengan rute Tg. Perak – Tidore – Galela - Morotai - Buli – Maba – Weda – Tg. Perak. “Rute T-10 ini memang menjadi rute andalan dan paling banyak muatannya dibandingkan rute-rute lainnya, disusul oleh rute T-15 yaitu KM Logistik Nusantara 3,” tambah Masrul.
Masrul menambahkan bahwa tol laut juga dimanfaatkan untuk muatan balik dari daerah 3TP menuju Pulau Jawa, hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan konektivitas arus muatan balik dan mengembangkan potensi yang ada di daerah 3TP. “Biasanya untuk muatan balik itu hasil-hasil komoditas atau potensi yang ada di wilayah Timur, seperti balok kayu, kopra, buah kelapa, hasil laut, dan lain sebagainya,” tutur Masrul.
PT PELNI senantiasa mematuhi peraturan mengenai muatan kapal Tol Laut sesuai dengan Perpres 71/2015. Muatan yang diperbolehkan diangkut dengan kapal Tol Laut terdiri atas kategori kebutuhan pokok hasil pertanian seperti beras, kedelai, cabai, dan bawang merah; kebutuhan pokok hasi industry (gula, minyak goreng, tepung terigu); kebutuhan pokok hasil peternakan dan perikanan (daging sapi, daging ayam, telur, ikan segar); barang penting (benih, pupuk, gas elpiji 3kg, triplek, semen, besi baja, baja ringan) dan barang lainnya (air mineral, bawang putih, garam, obat-obatan dan lain sebagainya).
“Perusahaan optimis bahwa pada tahun 2021 kinerja angkutan Tol Laut PT PELNI bertumbuh seiring kebutuhan logistik di daerah, terutama di wilayah 3TP. PT PELNI juga akan terus mengoptimalkan pelaksanaan operasional Tol Laut dan memaksimalkan pengoperasian Rumah Kita sebagai sentra logistik muatan kapal Tol Laut,” tambah Masrul.
PT PELNI (Persero) sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas.
Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini PELNI mengoperasikan 4 kapal barang, 8 kapal tol laut serta 1 kapal khusus ternak.*
10/05/2020
PT PELNI (Persero) kembali mengumumkan bahwa KM Lambelu dinyatakan bebas Covid 19. Hal ini ditandai dengan penurunan bendera kuning di kapal pada Minggu (10/5).
23/04/2020
Sebanyak 25 orang kru yang terdiri dari 21 orang anak buah kapal (ABK) serta 4 orang mitra yang bertugas pada KM Lambelu kini menunjukan perkembangan kesehatan yang baik.
20/04/2020
Manajemen akan terus memantau perkembangan kesehatan kru KM Bukit Raya
10/04/2019
PELNI Berbagi Pangan Murah Kepada Penumpang Kapal di Semarang
15/02/2021
PELNI selalu siap menjadi bagian dari aksi peduli yang dipimpin melalui Yayasan BUMN Untuk Indonesia
22/05/2020
Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama PT PELNI (Persero), Insan Purwarisya L Tobing kepada perwakilan warga penerima manfaat dan disaksikan oleh Lurah Petojo Utara, Indarto di Kantor Pusat PT PELNI (Persero)
07/02/2019
PELNI Resmikan Rumah Kelola Sampah di Batu Licin, Kalimantan Selatan
25/01/2019
PLN-PELNI Tandatangani MoU Pengangkutan Logistik
04/09/2019
Dalam rangka menyongsong ulang tahun yang ke-21, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan HUT ke-67 PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - PELNI, Kementerian BUMN kembali melakukan kegiatan bersama masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
11/04/2020
Kebijakan tersebut telah disosialisasikan sejak Jumat (9/4) dan efektif mulai 12 April 2020.
03/01/2020
PT PELNI (Persero) turut mengambil bagian dalam Posko Bersama BUMN guna membantu penanganan banjir di wilayah Jabodetabek.
04/11/2020
PELNI telah mendistribusikan muatan tol laut sebanyak 22.497 TEUs
04/02/2020
Komitmen PT PELNI (Persero) dalam mengembangkan SDM yang kuat
17/01/2020
PT PELNI (Persero) siap untuk mengoperasikan KM Logistik Nusantara (Lognus) 6 yang akan dipergunakan khusus untuk membawa muatan pada program tol laut.
19/03/2020
Manajemen mengucapkan terima kasih kepada Danang Parikesit dan Lotto Srinaita Ginting atas sumbangsihnya kepada Perusahaan
03/07/2020
PELNI mencatatkan adanya kenaikan pada volume muatan kontainer yang diangkut dengan kapal barang sepanjang Semester 1 tahun 2020 hingga hampir 300 persen dibandingkan periode yang sama dari tahun sebelumnya.
19/04/2020
PELNI berkomitmen untuk tetap memaksimalkan pelayanan, kapal-kapal penumpang dioptimalkan untuk angkutan logistik ke seluruh wilayah Indonesia, terutama untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat menjelang Bulan Suci Ramadhan 1441 H dan Lebaran Tahun 2020.
20/04/2020
Berdasarkan hasil test, terdapat 16 orang kru kapal yang menunjukan hasil reaktif. Kini 16 orang tersebut telah dibawa menuju RS PELNI untuk melaksanakan pemeriksaan lanjutan.
02/08/2020
PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) terus memaksimalkan operasional kapal penumpang dan kapal perintis, terutama pada periode Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 yang jatuh pada Jumat (31/7).
18/12/2020
Dengan trayek kapal yang memasuki kota besar maupun wilayah 3TP (tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan), kapal-kapal PELNI sangat dimungkinkan untuk mengambil peran mendistribusikan vaksin COVID-19.
04/05/2020
Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa terdapat 3 orang penumpang asal Jakarta terindikasi Covid-19 serta 19 orang kru kapal terindikasi terpapar Covid-19 tanpa gejala (OTG).
12/08/2020
PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) berencana menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM untuk membantu memperluas distribusi produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
17/08/2020
PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) terus agresif dalam memperkuat bisnis logistiknya melalui aplikasi My Cargoo.
12/09/2020
PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) kembali menyalurkan sejumlah bantuan CSR bagi tenaga medis di RS PELNI
22/02/2021
PT PELNI menjunjung tinggi integritas dan transparan dalam melakukan rekrutmen calon pegawai
05/04/2020
Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Eddy Susanto Soepadmo dan diterima oleh Plt Direktur Utama PT Rumah Sakit PELNI, R.M. Kartobi.
04/04/2020
PELNI Grup menyediakan sarana armada bus sebagai transportasi antar jemput bagi tenaga medis yang bekerja di Rumah Sakit PELNI, Jakarta.
03/05/2020
Setelah menunjukkan hasil yang negatif selama dua kali pemeriksaan swab berturut-turut.
18/05/2020
PT PELNI (Persero) saat ini tengah mempersiapkan diri untuk penerapan "New Normal Life"
17/01/2021
PT PELNI senantiasa berkomitmen untuk melayani masyarakat khususnya wilayah 3TP
18/12/2020
Menyambut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, PT PELNI (Persero) siap mengoperasikan penuh seluruh kapal penumpang yang dimiliki dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama pelayaran
16/07/2020
Atas keberhasilan menjalankan penugasan Angkutan Kapal Tol Laut dan Ternak, PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) meraih apresiasi dari Kementerian Perhubungan
13/07/2020
Terhitung hingga pertengahan Juli ini, muatan hewan ternak sapi pada kapal yang dioperasikan oleh PELNI mencapai 2.968 ekor.
28/08/2020
PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) menerima kunjungan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang ingin melihat pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19 di lingkungan Perusahaan.
27/12/2020
Penerapan protokol kesehatan yang ketat terutama penggunaan hasil Tes Rapid Antibodi menjadi poin penting bagi penumpang kapal PELNI
26/01/2021
KM Egon milik PT PELNI mengakut 691 koli barang bantuan kemanusiaan bagi korban bencana di Kalsel dan Sulbar
26/10/2020
Sebanyak 26 kapal penumpang dipastikan siap untuk melayani masyarakat Indonesia yang hendak bepergian menggunakan angkutan laut pada cuti bersama dan libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW
15/11/2020
Perusahaan memproyeksikan pada triwulan IV-2020, kapal dapat mengangkut hingga 343.472 pelanggan
27/12/2020
Peraturan untuk menggunakan hasil tes rapid antibodi bagi calon penumpang masih menjadi patokan utama protokol kesehatan di kapal PELNI
23/02/2021
Pembayaran secara cashless diterapkan guna memberikan kenyamanan, keamanan dan kemudahan bagi para pelanggan
01/05/2020
PT PELNI (Persero) terus memaksimalkan pelaksanaan operasional kapal tol laut guna menjamin distribusi dan ketersediaan barang kebutuhan pokok maupun barang penting lainnya di Indonesia.
28/04/2020
Peringatan HUT ke 68, PELNI mengusung tema 'Membangun Konektivitas'.
17/11/2020
PT PELNI (Persero) siap menyambut momen peak season Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru) dengan kembali membuka chanel penjualan tiket kapal PELNI melalui mobile application dan website pada 25 November 2020
23/07/2020
Direktur Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) meraih penghargaan dari Iconomics sebagai Best CEO 2020 In Shipping Category
29/04/2020
PT PELNI (Persero) mendapatkan penugasan dari Kementerian Perhubungan untuk melanjutkan pengelolaan KM Camar Nusantara I sebagai salah satu kapal khusus ternak yang dioperasikan Perusahaan.
27/12/2020
Mengantisipasi besarnya jumlah penumpang pada Nataru, PT PELNI menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah terutama bersangkutan dengan protokol kesehatan
21/04/2020
PT PELNI (Persero) telah mewajibkan seluruh calon penumpang yang akan berpergian dengan kapal PELNI untuk menyertakan surat keterangan sehat bebas Covid-19 yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit
08/07/2020
PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - PELNI siap mendukung Pemerintah dalam memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.
29/07/2020
PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) meraih dua penghargaan dalam kategori “Top CSR Awards 2020 # Star 4” dan “Top Leader on CSR Commitment 2020”
21/10/2020
Terhitung Triwulan IV-2020 ini, KM Logistik Nusantara 6 milik PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) akan melayani Pulau Morotai sebagai rute tambahan dari rute awal.
26/02/2021
PT PELNI mendukung penuh kebijakan penerapan GeNose C19 di kapal PELNI
23/04/2020
Pelarangan telah ditetapkan mulai 24 April 2020 hingga 8 Juni 2020.
02/11/2020
PT PELNI (Persero) telah melayani sebanyak 19.224 penumpang yang berpergian pada periode cuti bersama dan libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW
07/07/2020
PELNI menyambut baik adanya pembukaan akses pelabuhan dibeberapa wilayah di Indonesia.
13/05/2020
PT PELNI (Persero) siap untuk membuka kembali kegiatan operasional untuk mengangkut penumpang
16/09/2020
Penumpang kapal penumpang PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) pada pertengahan triwulan ketiga 2020 tercatat mengalami peningkatan 314% dibandingkan triwulan sebelumnya
27/12/2020
Adanya peningkatan penumpang saat Nataru menjadi perhatian PT PELNI (Persero) untuk menghadirkan layanan yang baik dan tentunya sesuai protokol kesehatan