Jakarta, 28 September 2020 – Award 2020. Kali ini, PT PELNI meraih Gold Winner kategori Social Economy Contribution dalam gelaran RRI Iconomics BUMN Brand Award 2020 “Millenials Choice” yang dilaksanakan secara virtual melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting serta disiarkan langsung melalui akun Youtube Iconomics TV dan Digital TV RRI Net TV, Senin (28/9).
Penghargaan tersebut diterima secara virtual oleh Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero) Yahya Kuncoro dalam acara yang bertajuk Millenials Choice 2020. PT PELNI sebagai peraih penghargaan dalam kategori Social Economy Contribution hal ini berarti PT PELNI telah memberikan kontribusi sosial ekonomi kepada masyarakat Indonesia, di samping menjalankan bisnisnya.
"Dalam menjalankan usaha, kami tidak mengejar keuntungan semata. Sebagai perusahaan Negara, PELNI memiliki tanggung jawab moral untuk ikut serta berkontribusi dalam pembangunan, terutama sebagai penggerak perekonomian di wilayah-wilayah yang memiliki keterbatasan akses transportasi. Untuk itu, kami berupaya memastikan jadwal kapal yang handal sehinggal memberikan kepastian bagi aktivitas sosial ekonomi masyarakat,” terang Yahya.
Saat ini, PT PELNI mengoperasikan 45 trayek kapal perintis dan delapan trayek kapal tol laut sebagai penghubung Nusantara. “Keberadaan kapal perintis yang dioperasikan oleh PELNI ini menciptakan konektivitas antar satu daerah dengan daerah lainnya, banyak masyarakat Indonesia yang harus diberikan pelayanan angkutan laut terutama di daerah 3TP. Selain itu, kami juga operasikan kapal tol laut yang mampu menjamin distribusi dan ketersediaan barang kebutuhan pokok maupun barang penting lainnya di Indonesia,” jelas Yahya.
RRI dan Iconomics memberikan apresiasi kepada 26 sektor/sub sektor BUMN yang berhasil menjadi market leader di tengah persaingan yang ketat namun tetap mendistribusikan kesejahteraan bagi warga negara. Penghargaan ini dikelompokkan menjadi empat kategori penghargaan, yaitu Market Dominance Award, Brand Strength Award, Customer Satisfaction Award, dan Social Economy Contribution.
Sebagai informasi, penghargaan yang diselenggarakan oleh RRI dan Iconomics ini dilaksanakan untuk memetakan persepsi millennial terhadap BUMN, yang dilakukan dengan penilaian berdasarkan metode FGD (Focus Group Discussion) dan Quantitative Survey yang dilaksanakan di 10 kota, dengan responden yang dibagi dalam segmen millennial dan segmen pendapatan.
Yahya juga menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan penyelenggara atas penghargaan yang diberikan kepada PT PELNI. “Kami ucapkan terima kasih pula kepada Insan PELNI yang telah memberikan dedikasinya untuk PELNI di tengah Pandemi Covid-19 untuk memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat Indonesia,” pungkas Yahya.
PT PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas.
Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah T3P dimana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini PELNI mengoperasikan 4 kapal barang, 8 kapal tol laut serta 1 kapal khusus ternak.
**
02/04/2019
Bisnis Indonesia CFO BUMN Award 2019
16/08/2019
Program Siswa Mengenal Nusantara Tahun 2019
22/08/2019
Pengakuan Atas Tata Kelola Perusahaan
17/08/2019
Sinergi PT PELNI dan PT Pegadaian
23/07/2019
Layani Wisata Keliling Kepulauan Komodo
13/06/2019
Disambut oleh Dirlala Kemenhub RI
22/05/2020
Prosedur Kesehatan Kebiasaan Baru PELNI
23/03/2020
Bantuan Masker dan Handsanitizer Cegah COVID-19
22/05/2020
Prosedur Kesehatan Kebiasaan Baru untuk Pelanggan PT. PELNI
14/12/2020
Struktur Domus Coronarius Circularis merupakan kolaborasi PT PELNI dengan Yayasan Terumbu Rupa
22/05/2020
Prosedur Kesehatan Kebiasaan Baru untuk Pemasok PT. PELNI
13/11/2020
PT PELNI (Persero) meraih predikat Gold Winner dan Top 100 Worldwide dalam kategori Corporate Publishing Competition dan Global Communications Competition
23/02/2021
PT PELNI telah lima kali menggelar virtual tour on Board
12/05/2020
Tata Kelola Pelayanan Calon Penumpang
22/05/2020
Prosedeur Kesehatan Kebiasaan Baru Bagi Pemangku Kepentingan PT. PELNI
09/10/2020
KM Sabuk Nusantara 66, salah satu kapal perintis yang dioperatori oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Perhubungan
14/12/2020
Komitmen PT PELNI dalam melaksanakan dan mengembangkan pilar lingkungan, sosial, dan ekonomi
23/02/2021
Virtual tour on board sudah menjadi program yang digagas oleh PELNI Lifestyle sejak tahun 2020
04/11/2020
PT PELNI (Persero) bersama dengan BUMN lain yang tergabung dalam Satgas BUMN COVID-19 Jakarta membagikan total 25.000 masker kain