slider
EVENT

PT PELNI (Persero)

  • Beranda
  • Event
  • Protokol Penanganan Penumpang Kapal PT. PELNI (PERSERO) Selama Masa Pandemi COVID19
12/05/2020

Protokol Penanganan Penumpang Kapal PT. PELNI (PERSERO) Selama Masa Pandemi COVID19

Tata Kelola Pelayanan Calon Penumpang

1. Setiap Petugas Loket dan Petugas Cabang yang melayani penjualan tiket wajib menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) berupa masker dan sarung tangan pada saat pelayanan penjualan tiket.

2. Setiap Calon Penumpang wajib untuk menggunakan masker dan wajib membersihkan tangan dengan menggunakan sabun serta air mengalir atau Hand Sanitizer sebelum masuk di Loket Penjualan Tiket.

3. Setiap Calon Penumpang wajib dilakukan pemeriksaan suhu dengan Thermo Gun oleh Petugas Loket dan Petugas Cabang sebelum masuk di Loket Penjualan Tiket.

4. Apabila suhu tubuh Calon Penumpang melebihi ketentuan (37.5o C) dan menunjukkan gejala-gejala terindikasi COVID-19, maka calon penumpang dilarang untuk memasuki area Loket Penjualan Tiket.

5. Apabila suhu tidak melebih ketentuan (37.5o C) atau dalam kondisi normal dan tidak ditemukan gejala-gejala terindikasi COVID-19 maka Calon Penumpang diarahkan dan diwajibkan untuk membersihkan tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir atau Hand Sanitizer selama 20 detik selanjutnya diperbolehkan untuk melanjutkan proses pembelian tiket dengan menerapkan physical distancing.

6. Adapun kriteria Calon Penumpang yang dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal antara lain :

a. Perjalanan calon penumpang yang bekerja pada lembaga pemerintah, perusahaan swasta atau perusahaan swasta asing yang beroperasi di wilayah territorial Indonesia yang menyelenggarakan :

1) Pelayanan percepatan penanganan COVID-19;

2) Pelayanan pertahanan, keamanan, dan ketertiban umum;

3) Pelayanan kesehatan;

4) Pelayanan kebutuhan dasar;

5) Pelayanan pendukung layanan dasar;

6) Pelayanan fungsi ekonomi penting.

b. Perjalanan calon penumpang sebagai pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan calon penumpang yang anggota keluarga intinya (orangtua, suami/istri, anak, saudara kandung) sakit keras atau meninggal dunia.

c. Perjalanan calon penumpang sebagai repatriasi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Warga Negara Indonesia, dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh Pemerintah sampai ke daerah asal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

7. Sebelum melakukan penjualan tiket, setiap Petugas Loket dan Petugas Cabang wajib memeriksa kelengkapan persyaratan Calon Penumpang antara lain :

a. Perjalanan calon penumpang yang bekerja pada lembaga pemerintah, perusahaan swasta atau perusahaan swasta asing yang beroperasi di wilayah territorial Indonesia dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal setelah memenuhi persyaratan antara lain :

1) Menunjukkan Surat Tugas bagi Aparatur Sipil Negara, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia yang ditandatangani oleh minimal Pejabat setingkat Eselon 2;

2) Menunjukkan Surat Tugas bagi pegawai Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah/Unit Pelaksana Teknis/Satuan Kerja/Organisasi Non

Pemerintah/Lembaga Usaha yang ditandatangani oleh Direksi/Kepala Kantor;

3) Menunjukkan hasil negatif COVID-19 berdasarkan Polymerase Chain Reaction (PCR) Test/Rapid Test atau surat keterangan sehat dari Dinas Kesehatan/Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik Kesehatan pada periode maksimal 7 hari sebelum keberangkatan;

4) Bagi yang tidak mewakili lembaga pemerintah atau swasta harus membuat Surat Pernyataan yang ditandatangani diatas materai dan diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat;

5) Menunjukkan identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah);

6) Melaporkan rencana perjalanan (jadwal keberangkatan, jadwal pada saat berada di daerah penugasan, serta waktu kepulangan).

b. Perjalanan calon penumpang sebagai pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan calon penumpang yang anggota keluarga intinya (orangtua, suami/istri, anak, saudara kandung) sakit keras atau meninggal dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal setelah memenuhi persyaratan antara lain :

1) Menunjukkan identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah);

2) Menunjukkan surat rujukan dari Rumah Sakit untuk pasien non Covid-19 yang akan melakukan pengobatan di tempat lain;

3) Menunjukkan surat keterangan kematian dari tempat almarhum/almarhumah (untuk kepentingan mengunjungi keluarga yang meninggal dunia);

4) Menunjukkan hasil negatif COVID-19 berdasarkan PCR Test/Rapid Test atau surat keterangan sehat dari Dinas Kesehatan/Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik Kesehatan pada periode maksimal 7 hari sebelum keberangkatan.

c. Perjalanan calon penumpang sebagai repatriasi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Warga Negara Indonesia, dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh Pemerintah sampai ke daerah asal sesuai dengan ketentuan yang berlaku dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal setelah memenuhi persyaratan antara lain:

1) Menunjukkan identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah);

2) Menunjukkan surat keterangan dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BPPMI) atau surat keterangan dari perwakilan RI di luar negeri (untuk penumpang dari luar negeri);

3) Menunjukkan surat keterangan dari Universitas atau Sekolah (untuk Mahasiswa dan Pelajar);

4) Menunjukkan hasil negatif COVID-19 berdasarkan PCR Test/Rapid Test atau surat keterangan dari Dinas Kesehatan/Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik Kesehatan pada periode maksimal 7 hari sebelum keberangkatan;

5) Proses pemulangan harus dilaksanakan secara terorganisir oleh Lembaga Pemerintah, Pemerintah Daerah, Swasta dan Universitas.

8. Jam operasional penjualan tiket di loket cabang pukul 08.00 LT sd 16.00 LT, apabila terdapat keberangkatan kapal diluar jam operasional penjualan loket tersebut, maka pelayanan penjualan tiket dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing cabang.

9. Kepala Cabang atau Pegawai Cabang yang ditunjuk dapat mengarahkan Calon Penumpang dapat melakukan pembayaran tiket menggunakan kartu debit untuk meminimalisir transaksi tunai demi mencegak penyebaran COVID-19 serta menginformasikan kepada Calon Penumpang yang telah memperoleh tiket agar berada di Pelabuhan selambat lambatnya 4 (empat) jam sebelum keberangkapan kapal.

10. Setiap calon penumpang dianjurkan untuk menginstal aplikasi e-HAC (Electronic Health Alert Card) bagi yang mempunyai handphone Android dan bagi yang tidak mempunyai handphone Android cukup membawa kartu HAC dari Dinas Kesehatan Setempat.

11. Penjualan tiket dapat dilakukan bagi pelabuhan-pelabuhan yang tidak terdapat penutupan oleh Pemerintah Daerah setempat

12. Direktorat Usaha Angkutan Kapal Penumpang yang membidangi Unit Kerja Pemasaran Penumpang c.q. Kepala Cabang PT.PELNI (Persero) wajib melakukan koordinasi dengan Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Daerah, KSOP/UPP, dan Pemerintah Daerah setempat untuk memastikan pelabuhan-pelabuhan tujuan/singgah ada yang terdampak atau tidak terdampak pada pembatasan-pembatasan sebelum melaksanakan penjualan tiket dan dapat mempersiapkan protokol kesehatan maupun protokol transportasi dalam pelayanan penumpang dengan menggunakan kapal sebagai sarana transportasi untuk melakukan perjalanan.

Berita Lainnya

02/04/2019

PELNI Meraih Penghargaan

Bisnis Indonesia CFO BUMN Award 2019

16/08/2019

PELNI Ajak Peserta SMN 2019 Cintai Maluku

Program Siswa Mengenal Nusantara Tahun 2019

22/08/2019

PELNI Raih Top GRC 2019

Pengakuan Atas Tata Kelola Perusahaan

17/08/2019

Perayaan Kemerdekaan di Pulau Buru

Sinergi PT PELNI dan PT Pegadaian

23/07/2019

PELNI Luncurkan Kapal Pinisi

Layani Wisata Keliling Kepulauan Komodo

13/06/2019

Peserta Arus Balik Angkutan Gratis Sepeda Motor Tiba di Priok

Disambut oleh Dirlala Kemenhub RI

23/02/2021

Antusias! 80 Anak-anak Ikuti Lomba Menggambar Virtual bersama PT PELNI

Virtual tour on board sudah menjadi program yang digagas oleh PELNI Lifestyle sejak tahun 2020

22/05/2020

Protokol Kesehatan New Normal bagi Mitra PT PELNI

Prosedur Kesehatan Kebiasaan Baru PELNI

28/09/2020

PELNI Raih Social Economy Contribution di BUMN Award 2020

PT PELNI meraih Gold Winner kategori Social Economy Contribution dalam gelaran RRI Iconomics BUMN Brand Award 2020 “Millenials Choice”

23/03/2020

Lawan COVID-19, PELNI Berikan Masker dan Antiseptik di Jakarta Utara

Bantuan Masker dan Handsanitizer Cegah COVID-19

22/05/2020

PROTOKOL KESEHATAN NEW NORMAL LIFE BAGI PELANGGAN PT. PELNI (PERSERO)

Prosedur Kesehatan Kebiasaan Baru untuk Pelanggan PT. PELNI

14/12/2020

PELNI Lepas Struktur Terumbu Karang Buatan ke Bawah Laut Banyuwangi

Struktur Domus Coronarius Circularis merupakan kolaborasi PT PELNI dengan Yayasan Terumbu Rupa

22/05/2020

PROTOKOL KESEHATAN NEW NORMAL LIFE BAGI PEMASOK PT. PELNI (PERSERO)

Prosedur Kesehatan Kebiasaan Baru untuk Pemasok PT. PELNI

13/11/2020

PELNI Raih Gold Winner Dalam Ajang 2020 Spotlight Awards Global Communications Competition

PT PELNI (Persero) meraih predikat Gold Winner dan Top 100 Worldwide dalam kategori Corporate Publishing Competition dan Global Communications Competition

23/02/2021

Perdana di 2021, PELNI Gelar Virtual Tour on Board ke KM Kelud

PT PELNI telah lima kali menggelar virtual tour on Board

09/10/2020

KM Sabuk Nusantara 66 Terima Penghargaan dari Kementerian Perhubungan

KM Sabuk Nusantara 66, salah satu kapal perintis yang dioperatori oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Perhubungan

22/05/2020

PROTOKOL KESEHATAN NEW NORMAL LIFE BAGI PEMANGKU KEPENTINGAN (STAKEHOLDER) PT. PELNI (PERS

Prosedeur Kesehatan Kebiasaan Baru Bagi Pemangku Kepentingan PT. PELNI

14/12/2020

Berturut-turut, PELNI Raih Gold Rank Dalam Ajang Asia Sustainability Reporting Rating 2020

Komitmen PT PELNI dalam melaksanakan dan mengembangkan pilar lingkungan, sosial, dan ekonomi

04/11/2020

Tekan Penyebaran COVID-19 PELNI Bagikan Ribuan Masker Bersama Satgas BUMN COVID-19 Jakarta

PT PELNI (Persero) bersama dengan BUMN lain yang tergabung dalam Satgas BUMN COVID-19 Jakarta membagikan total 25.000 masker kain

09/06/2021

PELNI Hadirkan Rumah Kelola Sampah Berkelanjutan di Sulawesi Tenggara

RKS Kampung PELNI Baubau adalah program RKS ketiga yang di inisiasi oleh PT PELNI dengan menggandeng GMC Foundation yang juga ikut serta pada dua program RKS sebelumnya

19/06/2021

KOMPETISI KARYA JURNALISTIK PELNI 2021

Total hadiah: Ratusan Juta Rupiah

09/08/2022

Perkuat Fundamental dan Transformasi Perusahaan Menuju Pertumbuhan Berkelanjutan

PELNI menggelar rapat pimpinan 2022 pada tanggal 3 - 5 agustus 2022 di Hotel Ayana MidPlaza Jakarta yang buka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Komisaris Utama dan Direktur Utama PT PELNI (Persero)

08/12/2022

ASEAN Risk Awards 2022

PELNI kembali mendapat penghargaan kategori Risk Technology & Public Initiative pada acara ASEAN Risk Awards 2022 yang mengusung tema “The Age of Resilience” di Bali, Kamis (08/12).

17/09/2022

Pemeriksaan kesehatan sebanyak 100 orang pegawai PT PELNI

Sebagai langkah Perusahaan untuk terus menjaga kesehatan pegawai, telah dilakukan pemeriksaan kesehatan sebanyak 100 orang pegawai PT PELNI di Auditorium Kantor Pusat PT PELNI, Rabu (17/9).

04/09/2022

Memperingati Hari Pelanggan Nasional 2022

PT PELNI merayakannya bersama penumpang KM Gunung Dempo rute Surabaya-Makassar

06/09/2022

Melepas Keberangkatan Tim Jelajah Pelabuhan Bisnis Indonesia 2022

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi didampingi oleh Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT PELNI Yossianis Marciano beserta pemangku kepentingan kepelabuhanan lainnya Melepas Keberangkatan Tim Jelajah Pelabuhan Bisnis Indonesia 2022

27/06/2022

Optimal Layani Angkutan Lebaran, PELNI Terima Penghargaan Dari Pemerintah

PELNI telah mengoperasikan 26 armada kapal penumpang dan 44 kapal perintis untuk melayani arus mudik pada periode 17 April hingga 2 Mei 2022 dan periode arus balik.

14/09/2022

KM Logistik Nusantara 4 milik PT PELNI mengangkut  muatan perdana dari Pelabuhan Patimban

KM Logistik Nusantara 4 milik PT PELNI mengangkut  muatan perdana dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (14/9) untuk diturunkan di Kijang, Kepulauan Riau. 

04/01/2023

Aksi Sosial Natal PELNI & KBUMN

PELNI bersama Pegadaian dan Pelindo ditunjuk menjadi penanggungjawab atas Kegiatan Aksi Sosial Natal 2022 Regional Ambon oleh Kementerian BUMN

23/12/2022

Program TJSL Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Pelestarian Ekosistem

TJSL PELNI bersama Yayasan Kabuan Dana Rasa menjalankan Program Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Pelestarian Ekosistem dengan menanam Pohon Kemiri dan membangun Markaz PELNI

15/12/2022

PELNI Raih TOP Digital Awards 2022

Penghargaan diterima oleh Plt. Vice President Teknologi Informasi PT PELNI Bagus Navyan Putra dan Manager Perencanaan & Tata Kelola Teknologi Informasi PT PELNI Angga Krisosa di Jakarta, Kamis (15/12).

14/10/2022

DJA Kemenkeu RI menggelar Rapat Pimpinan di atas  KM Kelud

Direktur Angkutan Penumpang PT PELNI Yahya Kuncoro menyambut kedatangan rombongan DJA Kemenkeu di Dermaga Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (14/10).

09/12/2022

Peresmian Ruangan Baru DPP Serikat Pekerja PELNI

Rangkaian Acara Peresmian Ruangan Baru DPP Serikat Pekerja PELNI ditandai dengan Penandatanganan Prasasti, Pemotongan Tumpeng, Pemotongan Pita Bunga dan Ramah Tamah bersama Seluruh Pegawai Kantor Pusat PELNI di Jakarta, Jumat (9/12).

19/10/2022

Audit Sertifikasi Sistem Manajemen K3 (SMK3) PT PELNI (Persero)

Direktur SDM & Umum Rainoc meresmikan sekaligus membuka kegiatan Audit Sertifikasi Sistem Manajemen K3 (SMK3) PT PELNI (Persero) di Jakarta, Rabu (19/10). 

19/10/2022

Gala Dinner Perayaan 50 Tahun ANTIMO & Penandatanganan Nota Kesepahaman

Direktur Utama PT PELNI Tri Andayani beserta Direktur SDM & Umum PT PELNI Rainoc menghadiri Gala Dinner Perayaan 50 Tahun ANTIMO, Jakarta (19/10). 

12/12/2022

NGOPI BUMN Ke-37 Bersama PELNI

Direktur Utama PT PELNI Tri Andayani menjadi narasumber dalam kegiatan Kementerian BUMN yaitu NGOPI BUMN ke-37 dengan tema “Peluang Nataru Untuk Peningkatan Bisnis BUMN Wisata” di Jakarta, Senin (12/12).

15/12/2022

Monitoring KM Bukit Raya di Surabaya

Monitoring ini dilakukan untuk memastikan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penumpang selama periode Peak Season Natal 2022 & Tahun Baru 2023.

18/12/2022

Monitoring KM Bukit Siguntang di Balikpapan

Direktur Lalu Lintas & Angkutan Laut Kemenhub RI Capt. Hendri Ginting bersama Direktur Usaha Angkutan Barang & Tol Laut PT PELNI Yossianis Marciano melakukan Monitoring Pelayanan Natal 2022

12/12/2022

Rapat Teknis Pra RKAP PT PELNI (Persero) bersama Kementerian BUMN

Dalam rapat teknis kali ini membahas mengenai Paparan RKAP PT PELNI (Persero) Tahun 2023

08/11/2022

Bisnis Indonesia Logistik Awards 2022

PT PELNI (Persero) meraih apresiasi dari Bisnis Indonesia atas komitmen Perusahaan dalam menjalankan penugasan program tol laut.

10/11/2022

Gelora Millenial BUMN 2022

Gelora Millenial BUMN 2022 yang diselenggarakan oleh PELNI di KM Sinabung, 8-10 November 2022 diikuti oleh sekitar 150 Millenial perwakilan dari 63 perusahaan BUMN dengan Rute Pelayaran Makassar - Surabaya.

03/11/2022

Audiensi bersama Menteri Perhubungan RI

Jajaran Direksi PT PELNI (Persero) melakukan audiensi lanjutan dengan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis (3/11)

07/11/2022

Galangan Surya Pertahankan ISO 90001

Galangan PELNI Surya, unit bisnis strategis PT PELNI (Persero) berhasil mempertahankan tiga sertifikasi manajemen mutu yang diterbitkan oleh Sucofindo International Certification Services.

03/11/2022

Nota Kesepahaman antara PELNI & BSI

PT PELNI (Persero) dan PT Bank Syariah Indonedia Tbk (BSI) menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pemanfaatan Layanan Jasa dan Produk Perbankan Syariah di Kantor Pusat Bank Syariah Indonesia, Jakarta, Kamis (3/11).

17/10/2022

Audiensi bersama Anggota DPR RI

Jajaran Direksi PT PELNI (Persero) melakukan Audiensi dengan Anggota DPR RI, Rachmad Gobel di Gedung Nusantara 3 DPR RI, Jakarta.

01/09/2022

Nota Kesepahaman antara PELNI & Pupuk Indonesia

PT PELNI (Persero) melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT Pupuk Indonesia Logistik tentang Sinergi Pengangkutan Logistik. di Kantor Pusat PT PELNI.

18/11/2022

Workshop Pre Assesment GCG 2022

Plt. Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Rainoc membuka Workshop Pre-Assesment GCG Tahun 2022. Acara yang dihadiri tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di Hotel Bahtera PELNI di Bogor, Jumat (18/11).

14/12/2022

PELNI Raih Anugerah KIP 2022

PELNI berhasil mendapat predikat sebagai Badan Publik Informatif dari Komisi Informasi Pusat RI dengan peringkat ke-6 dari 19 BUMN yang mendapatkan predikat serupa.

24/11/2022

Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2022

PT PELNI (Persero) kembali meraih penghargaan di ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2022 yang digelar di Hotel Westin, Jakarta, Kamis (24/11).

24/11/2022

MoU PELNI, Kemenhub & Pemerintah Tidore

Kementerian Perhubungan RI, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dan PT PELNI (Persero), menandatangani perjanjian Penyelenggaraan KM Tatamailau sebagai Akomodasi Terapung di Pelabuhan Goto, Tidore, Kamis (24/11).

28/11/2022

MoU PT PELNI (Persero) dan PT Cardig Express Nusantara

PT PELNI (Persero) dan PT Cardig Express Nusantara menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Layanan Logistik Terpadu

25/11/2022

BUMN Klaster Logistik

BUMN Klaster Logistik kembali menggelar pertemuan yang ke-5 di atas KM Kelud yang sedang sandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (25/11).

12/12/2022

Gatra Awards 2022

PELNI sebagai perusahaan pelayaran dan logisitik menerima penghargaan Kategori Bidang Logistik dan Perhubungan

01/12/2022

PELNI Jalin MoU dengan Samudera Indonesia

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) dan PT Samudera Indonesia Tangguh sepakat untuk menjalin kerja sama di bidang logistik.

22/12/2022

Monitoring KM Binaiya & KM Sinabung di Makassar

Direktur Armada dan Teknik PT PELNI Robert MP Sinaga melakukan Monitoring Pelayanan Nataru di KM Binaiya dan KM Sinabung yang bertolak dari Pelabuhan Makassar, Kamis (22/12).

28/12/2022

Penandatanganan Terpadu PELNI & Kemenhub RI

Penandatanganan Terpadu Perjanjian Kerja Sama Subsidi Angkutan Laut Untuk Kapal Perintis, Tol Laut, Angkutan Khusus Ternak, Dan Rede Transport Tahun Anggaran 2023