slider
PRESS RELEASE

PT PELNI (Persero)

  • Beranda
  • PELNI Terapkan "New Normal Life"
18/05/2020

PELNI Terapkan "New Normal Life"

PT PELNI (Persero) saat ini tengah mempersiapkan diri untuk penerapan "New Normal Life"

Jakarta, 18 Mei 2020 - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - PT PELNI (Persero) saat ini tengah mempersiapkan diri untuk penerapan "New Normal Life", setelah genap dua bulan menjalankan kebijakan Work From Home (WFH) bagi pegawai daratnya dan pemberlakuan skema port stay bergantian bagi kapal-kapal penumpangnya dengan hanya membawa angkutan logistik. Hal tersebut dilakukan guna mendukung langkah-langkah strategis Pemerintah dalam menanggulangi pandemik Covid-19 di Indonesia.

 

"Skenario yang sedang disusun ini ditujukan bagi seluruh karyawan, mitra kerja, dan para pelanggan kapal PELNI dengan meningkatkan penggunaan teknologi dan digitalisasi," terang Insan Purwarisya L. Tobing, Direktur Utama PT PELNI (Persero).

 

Lebih lanjut diungkapkan oleh Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero), Yahya Kuncoro, bahwa penggunaan teknologi dan digitalisasi di lingkungan Perusahaan akan ditingkatkan guna meminimalisir adanya kontak fisik selama kegiatan kerja berlangsung. Manajemen juga mulai merencanakan flexible working time bagi seluruh karyawan PELNI.

 

Skenario new normal life diterapkan sebagai tindaklanjut atas surat dari Menteri BUMN No: S-336/MBU/05/2020 Perihal Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara, pada 15 Mei 2020.

 

"Manajemen kini sedang menyusun strategi serta langkah-langkah yang akan dilakukan pasca lebaran nanti untuk seluruh karyawan, terutama bagi para anak buah kapal sebagai benteng dalam menjalankan kegiatan operasional Perusahaan. Selain itu kami juga menyiapkan protokol dan langkah-langkah demi keamanan para pelanggan kapal," ungkap Yahya.

 

Dalam rangka mengantisipasi dampak Covid-19 yang dapat menjadikan Perusahaan mengalami fase new normal life, PELNI melakukan langkah-langkah antisipasi untuk tetap menjaga keberlangsungan bisnis Perusahaan. Maka, melalui Surat Keputusan Direksi, Manajemen telah membentuk tim task force penanganan Covid-19 dalam mengantisipasi fase new normal life di PT PELNI (Persero).

 

"Tim task force dibentuk dengan fungsi dan tugas untuk menyusun rencana kebijakan Perusahaan dan mempersiapkan Perusahaan dalam mengantisipasi terjadinya fase new normal life di dalam Perusahaan," jelas Insan.

 

Senada dengan hal tersebut, Yahya menambahkan bahwa selama menjalani fase new normal life, karyawan yang berusia di bawah 45 tahun akan diberikan izin bekerja di kantor pasca lebaran nanti. Untuk mendukung hal tersebut, Manajemen PELNI akan lebih memperketat proses pengawasan kesehatan sesuai dengan arahan Pemerintah.

 

"Pelaksanaan physical distancing, kewajiban penggunaan masker selama berada di wilayah lingkungan kerja, pengecekan suhu tubuh, dan menjaga kebersihan lingkungan kerja akan kami perketat dan tentunya akan kami awasi terutama pada abk dan armada kapal," tambah Yahya.

 

Sebagai langkah awal, PELNI telah menerapkan penjualan tiket non mudik bagi para penumpang yang sesuai dengan persyaratan pada SE Gugus Tugas Covid-19 No 4/2020 dan SE Dirjen Hubla No. 21/2020.

 

Pada tahapan ini, seluruh calon penumpang yang akan menggunakan kapal PELNI diwajibkan untuk menyertakan surat keterangan sehat ataupun keterangan negatif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test, surat tugas yang ditandatangani pejabat setingkat eselon 2 ataupun direksi Perusahaan, serta melaporkan rencana perjalanan untuk ditunjukkan pada saat pembelian tiket. Para calon penumpang juga dianjurkan untuk melakukan pembayaran secara cashless.

 

"Manajemen akan menjual tiket sekitar 50 persen dari kapasitas terpasang untuk menjaga jarak antar penumpang selama perjalanan (physical distancing) dan membatasi interaksi antara petugas kapal dengan penumpang," tutup Insan.

 

PELNI telah mengatur pembatasan akses bagi penumpang selama berada di atas kapal dan membatasi interaksi antara petugas dengan penumpang, serta mengatur protokol jaga jarak antar penumpang baik itu pada proses embarkasi, nomor bed, saat pengambilan makan, hingga proses debarkasi.

 

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas.

 

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah T3P dimana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede.

 

Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini PELNI mengoperasikan 4 kapal barang, 8 kapal tol laut serta 1 kapal khusus ternak.

 

*

Bila perlu konfirmasi hubungi :

Yahya Kuncoro

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero)

Hp : 0811 988 0162

Email : corporate.secretary@pelni.co.id

Berita Lainnya

10/05/2020

KM Lambelu Dinyatakan Bebas COVID19

PT PELNI (Persero) kembali mengumumkan bahwa KM Lambelu dinyatakan bebas Covid 19. Hal ini ditandai dengan penurunan bendera kuning di kapal pada Minggu (10/5).

23/04/2020

Kru KM Lambelu Tunjukan Peningkatan Perkembangan Kesehatan

Sebanyak 25 orang kru yang terdiri dari 21 orang anak buah kapal (ABK) serta 4 orang mitra yang bertugas pada KM Lambelu kini menunjukan perkembangan kesehatan yang baik.

20/04/2020

Tiba di Tg. Priok, Kru Kapal KM Bukit Raya Jalani Test Kesehatan

Manajemen akan terus memantau perkembangan kesehatan kru KM Bukit Raya

10/04/2019

HUT Ke 21 Kementerian BUMN

PELNI Berbagi Pangan Murah Kepada Penumpang Kapal di Semarang

23/04/2020

KM Dobonsolo Diizinkan Berangkat Dari Pelabuhan Jayapura

KM Dobonsolo ini tiba dengan membawa muatan logistik dalam rangka misi kemanusiaan guna menjaga stabilitas pemenuhan kebutuhan masyarakat di Kota Jayapura.

22/05/2020

PELNI Distribusikan Ratusan Paket Sembako

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama PT PELNI (Persero), Insan Purwarisya L Tobing kepada perwakilan warga penerima manfaat dan disaksikan oleh Lurah Petojo Utara, Indarto di Kantor Pusat PT PELNI (Persero)

07/02/2019

Wujudkan Laut Bersih

PELNI Resmikan Rumah Kelola Sampah di Batu Licin, Kalimantan Selatan

25/01/2019

Sinergi BUMN

PLN-PELNI Tandatangani MoU Pengangkutan Logistik

04/09/2019

Rayakan HPN 2019, PELNI Sosialisasikan Layanan Check-in Mandiri di Makassar

Dalam rangka menyongsong ulang tahun yang ke-21, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan HUT ke-67 PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - PELNI, Kementerian BUMN kembali melakukan kegiatan bersama masyarakat di berbagai daerah di Indonesia

11/04/2020

PELNI Wajibkan Penggunaan Masker Untuk Penumpang

Kebijakan tersebut telah disosialisasikan sejak Jumat (9/4) dan efektif mulai 12 April 2020.

03/01/2020

PELNI Bantu Korban Terdampak Banjir di Wilayah Jakarta Utara

PT PELNI (Persero) turut mengambil bagian dalam Posko Bersama BUMN guna membantu penanganan banjir di wilayah Jabodetabek.

04/02/2020

Tingkatkan Kualitas SDM, PELNI Teken MoU Dengan Universitas Pertamina

Komitmen PT PELNI (Persero) dalam mengembangkan SDM yang kuat

17/01/2020

PELNI Siap Operasikan KM Logistik Nusantara 6

PT PELNI (Persero) siap untuk mengoperasikan KM Logistik Nusantara (Lognus) 6 yang akan dipergunakan khusus untuk membawa muatan pada program tol laut.

19/03/2020

Kementerian BUMN Ganti Dua Komisaris PELNI

Manajemen mengucapkan terima kasih kepada Danang Parikesit dan Lotto Srinaita Ginting atas sumbangsihnya kepada Perusahaan

19/04/2020

Dukung Ketersediaan Kebutuhan Daerah PELNI Komitmen Tetap Layani Angkutan Logistik

PELNI berkomitmen untuk tetap memaksimalkan pelayanan, kapal-kapal penumpang dioptimalkan untuk angkutan logistik ke seluruh wilayah Indonesia, terutama untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat menjelang Bulan Suci Ramadhan 1441 H dan Lebaran Tahun 2020.

20/04/2020

Tiba di Tanjung Priok, KM Nggapulu Rencanakan Portstay

Berdasarkan hasil test, terdapat 16 orang kru kapal yang menunjukan hasil reaktif. Kini 16 orang tersebut telah dibawa menuju RS PELNI untuk melaksanakan pemeriksaan lanjutan.

04/05/2020

Terindikasi sebagai OTG, 5 orang Kru KM Dorolonda Sembuh Dari Covid-19

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa terdapat 3 orang penumpang asal Jakarta terindikasi Covid-19 serta 19 orang kru kapal terindikasi terpapar Covid-19 tanpa gejala (OTG).

05/04/2020

Tingkatkan Penanganan Covid-19, Komisaris PELNI Serahkan Bantuan Alat Kesehatan Untuk RS P

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Eddy Susanto Soepadmo dan diterima oleh Plt Direktur Utama PT Rumah Sakit PELNI, R.M. Kartobi.

04/04/2020

PELNI Group Berikan Bantuan Transportasi Bagi Tenaga Medis

PELNI Grup menyediakan sarana armada bus sebagai transportasi antar jemput bagi tenaga medis yang bekerja di Rumah Sakit PELNI, Jakarta.

03/05/2020

15 Kru KM Kelud Kembali Dinyatakan Sembuh Dari Covid-19

Setelah menunjukkan hasil yang negatif selama dua kali pemeriksaan swab berturut-turut.

03/07/2020

Semester 1-2020, Muatan Barang PELNI Naik 300 persen

PELNI mencatatkan adanya kenaikan pada volume muatan kontainer yang diangkut dengan kapal barang sepanjang Semester 1 tahun 2020 hingga hampir 300 persen dibandingkan periode yang sama dari tahun sebelumnya.

01/05/2020

PELNI Maksimalkan Pelaksanaan Kapal Tol Laut Melalui Sentra Logistik Rumah Kita

PT PELNI (Persero) terus memaksimalkan pelaksanaan operasional kapal tol laut guna menjamin distribusi dan ketersediaan barang kebutuhan pokok maupun barang penting lainnya di Indonesia.

28/04/2020

HUT Ke 68, PELNI Bangun Konektivitas Laut Indonesia

Peringatan HUT ke 68, PELNI mengusung tema 'Membangun Konektivitas'.

07/07/2020

New Normal Transportasi Laut, PELNI Optimis Jumlah Penumpang Meningkat

PELNI menyambut baik adanya pembukaan akses pelabuhan dibeberapa wilayah di Indonesia.

29/04/2020

Operasikan Kapal Khusus Ternak, PELNI Optimis Distribusi Hewan Ternak Terus Meningkat

PT PELNI (Persero) mendapatkan penugasan dari Kementerian Perhubungan untuk melanjutkan pengelolaan KM Camar Nusantara I sebagai salah satu kapal khusus ternak yang dioperasikan Perusahaan.

21/04/2020

PELNI Wajibkan Surat Keterangan Sehat Untuk Penumpang

PT PELNI (Persero) telah mewajibkan seluruh calon penumpang yang akan berpergian dengan kapal PELNI untuk menyertakan surat keterangan sehat bebas Covid-19 yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit

23/04/2020

PELNI Patuhi Aturan Pemerintah Terkait Larangan Mudik Lebaran Tahun 2020

Pelarangan telah ditetapkan mulai 24 April 2020 hingga 8 Juni 2020.

13/05/2020

PELNI Persiapkan Operasional Kapal Untuk Angkut Penumpang

PT PELNI (Persero) siap untuk membuka kembali kegiatan operasional untuk mengangkut penumpang